Pontianak Masuk Level Empat, Ppkm Diperpanjang Hingga 25 Juli 2021

Tempat wisata di luar zona oranye dan merah tetap boleh buka dengan protokol kesehatan secara ketat dan pembatasan pengunjung maksimum 25%. Khusus pada tempat wisata di dalam ruangan, harus melakukan proses pemeriksaan untuk memastikan pengunjung tidak tertular Covid-19. Di lokasi itu, tempat ibadah tidak boleh mengadakan kegiatan peribadatan berjamaah atau kolektif. Sementara itu, di zona hijau dan kuning, tempat ibadah diperbolehkan mengadakan kegiatan peribadatan berjamaah dengan menerapkan protokol kesehatan 5M. Yakni, mengenakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, membatasi mobilitas, dan menjauhi kerumunan. JawaPos.com – Perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat degree four hingga 25 Juli 2021 belum cukup menurunkan kasus Covid-19 secara signifikan.

Mengapa PPKM di perpanjang lagi

Berdasarkan knowledge terkini sebutnya, jumlah kasus positif di Banua sebanyak 2,7 persen. “Perpanjangan PPKM Mikro ini masih diperlukan dan harus dijalankan dengan maksimal,” tegasnya. Pada bulan Juli ini, pemerintah menargetkan 1 juta dosis vaksin Covid-19 bisa disuntikkan per hari.

Kebijakan tersebut diambil setelah Presiden dan jajarannya mempertimbangkan sejumlah hal, baik aspek kesehatan, aspek ekonomi, hingga dinamika sosial. “Yang menjadi prioritas juga adalah percepatan vaksinasi, yang saat ini untuk di luar Jawa-Bali persentasenya masih rendah di sekitar 8-59 persen, dengan Kepri yang mencapai fifty nine persen sudah divaksin dari complete penduduk yang bisa divaksinasi. Ini akan terus ditingkatkan, untuk mencakup daerah lain yang masih rendah, sehingga setelah Agustus nanti bisa tercapai target vaksinasi sebanyak 2-2,5 juta suntikan per hari,” ujar Dante. Ketua KPCPEN meyakinkan, meskipun diterapkan PPKM Darurat (di Jawa-Bali) dan PPKM Mikro diperketat (di Luar Jawa-Bali), namun kegiatan di sektor esensial tetap beroperasi, sehingga tidak akan menimbulkan kekhawatiran gelombang pemutusan hubungan kerja kembali.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia atas pengertian dan dukungannya terhadap kebijakan PPKM yang dilakukan di 23 hari terakhir. “Karena itu diputuskan untuk perpanjangan PPKM Mikro Tahap XII mulai 6 Juli hingga 20 Juli 2021, yang berlaku di semua Provinsi di luar Jawa-Bali, dengan dilakukan pengetatan pada forty three Kabupaten/Kota yang memiliki Level Asesmen 4 yang berada di 20 Provinsi. Regulasi ini selaras dengan pengetatan yang dilakukan di Jawa-Bali,” jelas Menko Airlangga.

Ia pun mengatakan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) melihat tren kasus Covid-19 selama satu pekan terakhir sudah mengalami perbaikan di dalam pengendalian. Hal ini baik dari jumlah kasus positif, tingkat kesembuhan, penurunan tingkat kematian, dan mattress Slot Deposit Pulsa occupancy ratio . Pedagang aksesoris bernama Dona mengaku keberatan mendengar keputusan pemerintah memperpanjang PPKM Darurat. JAKARTA – Pemerintah memperpanjang kebijakan PPKM Darurat hingga akhir Juli 2021.

Airlangga menegaskan, PPKM Mikro ke-7 ini tidak mengalami perubahan aturan dibanding periode sebelumnya. Hanya saja, pemerintah menekankan, penerapan protokol kesehatan – khususnya penggunaan masker – di tempat-tempat hiburan yang memiliki fasilitas publik harus lebih ditingkatkan. Perpanjangan PPKM mikro sudah mencakup penertiban fasilitas umum dan tempat wisata dengan mengatur pengetatan kegiatan masyarakat di sana.

Ketika kemarahan puncak itu megarah ke istana, maka – secara naluriah – akan terjadi kritalisasi berbagai kekuatan, dari anasir mahasiswa, rakyat biasa, bahkan masyarakat elitis, yang bisa jadi mengambil kesempatan. Dalam hal ini – dengan masing-masing alasan kekecewaan yang sudah menumpuk – berbagai komponen masyarakat sangat mungkin melibatkan diri dari gerakan anti kekuasaan itu. Kini, yang perlu kita soroti tajam, masyarakat setanah air ini, bukan hanya se Jawa-Bali, sudah demikian lama menderita akibat krisis pendapatan yang cukup serius. Bagi mereka yang bergaji rutin (sebagai pegawai negeri sipil ataupun TNI/Polri) – boleh jadi – tidak merasakan krisis pendapatan. Tapi, bagaimana dengan nasib pekerja di sektor swasta, pekerja tidak tetap, bahkan mereka yang mengais rezeki yang bersifat harian?

“Kalau seandainya PPKM ini tidak diberlakukan, mungkin yang terpapar tidak akan terkendali dan pada akhirnya fasilitas kesehatan tidak mampu menangani warga yang terkonfirmasi,” pungkasnya. Anggaran perlindungan sosial sejumlah Rp12,1 triliun, kata Jokowi, baru terserap Rp2,three triliun. Sementara itu, dana bantuan langsung tunai Desa yang mencapai Rp28 triliun, baru terserap 25 persen atau Rp5,6 triliun. “Data yang saya terima untuk anggaran UMKM ada Rp13,three triliun untuk seluruh daerah, artinya 514 kabupaten/kota dan provinsi.

Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Dadang Fitrajaya menerangkan, capaian vaksinasi hingga saat ini complete sekitar 132 ribu orang untuk vaksin tahap pertama. “Kita meminta kepada kader-kader PKK untuk terus bergerak mensosialisasikan protokol kesehatan kepada masyarakat maupun dalam keluarga sendiri,” ungkapnya. “Kita akan izinkan makan dan minum ditempat tetapi kita berharap ada kerjasama pelaku usaha untuk melaksanakan peraturan yang berlaku,” ungkapnya. Edi juga meminta Satgas Covid-19 di tingkat kecamatan, kelurahan serta RT/RW ikut memonitor dan membantu warganya yang terpapar agar bisa melakukan isolasi mandiri dan lekas sembuh.

Di antaranya, meningkatkan kapasitas intensive care unit dari RS dengan oksigen sentral pada daerah yang memiliki tingkat kematian tinggi, serta menyediakan isolasi terpusat dan terpantau bagi pasien resiko tinggi yang melakukan isolasi mandiri. Jokowi juga berpesan agar daerah menyiapkan sarana dan prasarana bagi pasien COVID-19 seperti tempat karantina mulai dari degree kecamatan, obat-obatan dan kebutuhan lainnya agar warga yang terpapar COVID-19 bisa mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat. Lebih lanjut, Jokowi mengingatkan semua pemimpin daerah untuk menyiapkan rumah sakit cadangan maupun rumah sakit darurat agar semakin banyak pasien corona ditangani dengan baik. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga menginstruksikan para kepala daerah untuk merangkul tokoh masyarakat seperti tokoh agama untuk sama-sama menggaungkan pentingnya penegakan protokol kesehatan kepada masyarakat.

Coki